Pentingnya SPF15 untuk Perlindungan Optimal Setiap Hari bersama Marina

Hello everyone! Kali ini aku akan mengulas dengan panjang mengenai pentingnya SPF untuk melindungi kulit kita dan produk apa yang bisa melindungi kulit kita.

Nah pertama-tama aku jelaskan terlebih dahulu ya, apa sih itu SPF?


SPF adalah Sun Protection Factor. SPF ini menunjukkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk kulit memerah (UVB) saat menggunakan produk tabir surya, dibandingkan dengan berapa lama waktu yang diperlukan oleh kulit memerah tanpa menggunakan tabir surya. Sebagai contoh, seseorang menggunakan tabir surya dengan SPF 15 akan memakan waktu 15 kali lebih lama untuk memerah daripada tanpa tabir surya. SPF 15 melindungi sekitar 93 persen dari sinar UVB matahari, SPF 30 melindungi hingga 97%, dan SPF 50 melindungi hingga 98%. Organisasi medis seperti American Cancer Society merekomendasikan penggunaan tabir surya karena membantu dalam pencegahan perkembangan squamous cell carcinomas dan basal-cell carcinomas yang merupakan sel-sel penyebab kanker kulit. Standar yang ditentukan oleh National Institute for Health and Clinical Excellence adalah SPF 15 yang melindungi 94% dari sinar UV.
Wih serem ya? Makanya kita harus bahkan wajib menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit kita dari sinar UV.

Terus kenapa sih kita ga boleh terkena radiasi sinar UV? Sebahaya itukah?


sinar matahari

Radiasi UV adalah bagian dari spektrum elektromagnetik (cahaya) yang mencapai bumi dari matahari. Memiliki panjang gelombang lebih pendek daripada cahaya, sehingga tak terlihat dengan mata telanjang. Gelombang ini diklasifikasikan sebagai UVA, UVB, atau UVC, dengan UVA terpanjang di 320-400 nanometer. UVA adalah lebih lanjut dibagi menjadi dua gelombang lagi, UVA I dan UVA II. UVB berkisar 290-320 nm. Dengan sinar paling pendek yaitu UVC diserap dalam perjalan oleh lapisan ozon dan tidak mencapai bumi. Sinar UVA dan UVB dapat menembus atmosfer bumi dan memainkan peran penting dalam kondisi seperti penuaan dini kulit, kerusakan mata (termasuk katarak), dan kanker kulit. Mereka juga menekan sistem kekebalan.
Di kondisi cuaca sekarang yang makin lama makin buruk ditambah dengan pemanasaan global yang membuat lapisan ozon yang ada di atmosfer semakin menipis, sinar UV tentu saja semakin kuat terpancar ke bumi, makanya pada saat ini kita wajib hukumnya untuk memproteksi kulit kita agar bisa menangkal paparan sinar UV yang akibatnya buruk tersebut. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati kan?

Nah karena sinar UVA A dan UV B yang sampai ke bumi, beda dari kedua sinar UV ini apa?



Sinar UV A
Sebagian besar dari kita terkena paparan sinar UVA dalam jumlah besar sepanjang hidup kita. Sinar UVA menyumbang hingga 95 persen dari radiasi UV yang mencapai permukaan bumi. Walaupun mereka kurang kuat dibanding UVB, intensitas UVA adalah 30 sampai 50 kali lebih banyak. Serta mereka hadir dengan intensitas yang relatif sama pada semua siang hari sepanjang tahun, dan dapat menembus awan maupun kaca.

UVA menembus kulit lebih dalam daripada UVB, dan studi selama dua dekade, menunjukkan bahwa UVA merusak sel-sel kulit yang disebut keratinosit dalam lapisan basal epidermis, di mana sebagian besar merupakan penyebab terjadinya kanker kulit. Sinar UVA juga tidak terasa panas oleh kulit sehingga dapat menembus lebih dalam ke kulit.

Sinar UV B
Adalah penyebab utama kulit memerah dan terbakar sinar matahari, cenderung merusak lapisan epidermis kulit yang lebih dangkal. Intensitasnya bervariasi menurut musim, lokasi, dan waktu. Sinar UVB dapat membakar dan merusak kulit Anda sepanjang tahun, terutama di dataran tinggi dan pada permukaan reflektif seperti salju atau es. Sinar UVB tidak dapat menembus kaca.

Nah gimana ya cara pencegahan agar terlindungi dari sinar UV?
Jadi Lindungi diri Anda dari radiasi UV, baik di dalam dan luar ruangan. Selalu mencari tempat teduh bila berada di luar rumah, terutama pada jam 10:00-16:00. Dan karena UVA menembus kaca, pertimbangkan untuk menambahkan UV pada kaca film Anda. Kaca film ini mampu menghalau sampai 99% radiasi UV, serta menangkal sampai dengan 80% sinar tampak. Selain itu pakaian yang anda gunakan juga dapat membantu menangkal paparan UV. Sebagai contoh: pakaian longgar memberikan lebih dari sebuah penghalang antara kulit anda dan matahari, pakaian yang dianyam rapat lebih memberikan perlindungan, dsb. Menggunakan topi bertepi lebar dan kacamata anti UV membantu melindungi kulit sensitif di kepala, leher, dan di sekitar wilayah mata yang biasanya mendukung banyak kerusakan akibat sinar matahari.

EITS!!! Jaman sekarang kayak gitu gimana cara kita beraktivitas?????
Nah makanya sangat dianjurkan malah wajib menggunakan tabir surya apalagi yang suka beraktivitas di luar ruangan, WAJIB WAJIB hukumnya.

Nah foto dibawah ini adalah salah satu contoh kasus karena orang tersebut tidak menggunakan tabir surya saat beraktivitas.


bagian wajah sebelah kanannya lebih sering terkena paparan sinar matahari

Orang dalam foto ini berprofesi sebagai supir truk dan tidak pernah menggunakan tabir surya, karena kemudinya di sebelah kanan truk, bagian wajahnya yang sebelah kanan yang lebih cepat mengalami penuaan karena sinar UV mengganggu jaringan penghubung dari kulit, seperti kollagen dan elastin.

Jadi jadi aku benar-benar sarankan untuk setiap orang tidak terkecuali pria maupun wanita untuk menggunakan krim tabir surya, supaya ga menyesal nantinya ya ^^


O iya kita juga perlu menggunakan hand & body lotion lho! Penting banget apalagi untuk kamu yang memiliki kulit yang kering, kenapa?


Marina Hand & Body Lotion

1. Karena hand & body lotion menjaga kelembaban kulit
Fungsi utama dari pelembab, khususnya hand & body lotion adalah menjaga kelembaban kulit. Seperti yang kita tahu, mandi dan memakai sabun dapat menghilangkan kelembaban alami kulit. Pemakaian hand & body lotion setelah mandi akan mengganti kelembaban yang hilang sekaligus membantu menjaga kelembaban kulit sepanjang hari.
 2. Karena hand & body lotion mencegah kulit bersisik dan kusam
Walaupun seseorang memiliki kulit normal, pasti ada beberapa bagian tubuh yang lebih kering dibanding daerah lain. Karena itu, pemakaian hand & body lotion membantu menjaga kelembaban bagian yang lebih kering. Daerah yang lebih kering ini biasanya pada kaki, sehingga menimbulkan guratan putih seperti sisik. Bisa juga di daerah lutut dan siku yang tampak lebih kusam dan gelap dibanding daerah lain. Pemakaian hand & body lotion secara teratur akan mencegah kulit bersisik dan kusam.
3. Karena hand & body lotion melembutkan kulit dan membuatnya bersinar
Mayoritas hand & body lotion dirancang untuk melembutkan kulit. Tidak hanya setelah diaplikasikan saja, tetapi juga memberi kelembutan ekstra sepanjang hari. Jika Anda teratur memakai hand & body lotion setiap kali selesai mandi, maka kulit Anda akan terhindar dari kusam dan membuat kulit lebih bersinar. Terlebih lagi jika Anda rajin mengaplikasikan hand & body lotion saat kulit terasa kering (misalnya di ruang ber-AC), maka kulit Anda selalu sehat dan bersinar.
4. Karena hand & body lotion memberi perlindungan kulit
Hand & body lotion masa kini tidak hanya memberi efek melembabkan, tetapi juga menambahkan beberapa bahan untuk memberi perlindungan pada kulit. Perlindungan yang sering ditawarkan hand & body lotion adalah perlindungan dari sinar matahari, tidak hanya mencegah kulit menjadi gelap, tetapi juga mencegah bahaya UV A dan UV B bagi kesehatan kulit. Saat ini telah banyak hand & body lotion yang dilengkapi antioksidan sebagai pelindung dari radikal bebas.
5. Karena hand & body lotion aromanya membuat tenang
Mayoritas hand & body lotion sengaja diberi aroma yang lembut dan menangkan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena saat mengaplikasikan hand & body lotion, akan lebih baik jika diberi pijatan lembut. Kulit tidak hanya lembut, tubuh akan menjadi lebih rileks dan tenang. Aroma hand & body lotion biasanya tidak tahan lama, jadi tidak perlu khawatir aromanya akan bertabrakan dengan parfum yang akan Anda pakai.

Yang paling tepat adalah menggunakan krim tabir surya lalu hand & body lotion, tapi di jaman sekarang yang waktu itu sangat berharga banget, pasti kita pingin segalanya yang lebih instan tapi memiliki fungsi yang sama bagusnya. Nah sekarang ada satu produk hand & body lotion yang mengandung SPF 15, sehingga ga perlu ribet-ribet deh, sekali pakai langsung bisa beraktivitas. Produk satu ini adalah Marina UV White Extra SPF 15 yang optimal melindungi dari 94 % sinar UV.


Keterangan dari website Marina :
Membuat Kulit Tampak Lebih Putih Merata dengan perlindungan Extra
Terpapar sinar matahari membuat warna kulit menjadi gelap dan tidak merata. Jaga dan rawat kulitmu setiap hari dengan Marina UV White Extra SPF 15 Hand & Body Lotion. Lotion yang melindungi kulitmu dari sinar matahari, sehingga kulit tampak lebih putih merata dan menjaganya tetap putih dengan:
- SPF 15 sebagai UV B Protection yang melindungi dari paparan sinar matahari
- PA+ sebagai UV A Protection yang membantu menghambat proses penggelapan kulit
- Biowhitening Complex dari Yogurt dan Vitamin B3 yang kaya akan nutrisi, bekerja membantu mencerahkan warna kulit, sehingga tampak lebih putih merata.

Kita kupas dulu mengenai kandungan-kandungan yang ada di dalam Marina UV White Extra SPF 15 ini ya, pertama hand & body lotion ini mengandung SPF 15 yang optimal melindungi dai 94% sinar UV, sesuai dengan penjelasanku, standar yang ditentukan oleh National Institute for Health and Clinical Excellence adalah SPF 15 yang melindungi 94% dari sinar UV. Jadi SPF 15 yang terkandung di hand & body lotionnya sudah menggantikan krim tabir surya. Praktis banget pakai hand and body lotion yang mengandung SPF, apalagi untuk orang yang ga mau ribet kayak aku hemat waktu jadinya. ^^
PA+  itu melindungi kulit kita dari serangan UV A, nah PA+ itu pokoknya sahabatan banget sama SPF *LOL* kayak Marina, jadi sahabat wanita >.<

Terakhir dan yang paling unik menurutku itu adalah kandungan yoghurt. I'm a huge fans of yoghurt! Dari masih kecil banget doyan sama yoghurt, freak banget sama frozen yoghurt, makin asam sebuah yoghurt makin aku suka.
Nah Yoghurt itu dari apa sih? Kok bisa enak banget gitu?


Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt.
Ga hanya nikmat untuk dikonsumsi yoghurt memiliki manfaat lain lho, yaitu untuk kulit, 5 manfaat yoghurt untuk kulit :
- Mencegah kulit kusam
- Mendinginkan kulit
- Melawan jerawat
- Memutihkan
- Mencegah penuaan dini
Melihat manfaat yoghurt untuk kulit diatas, Marina benar-benar cerdas banget untuk menjadikan yoghurt sebagai salah satu bahan dalam hand & body lotionnya. Jadi berasa alami ^^

Nah sedikit ceritaku mengenai pengalaman dengan sinar matahari. Aku dulu belang banget kulitnya karena aku ga suka hand & body lotion yang lengket dan juga sunscreen. Terus aku juga berpikir saat aku masih sekolah "ahh rumah dekat sama sekolah, jalan kaki, ga mungkin hitam lah ya". Tapi pemikiranku salah! Kulitku jadi belang karena ga memproteksinya dengan krim tabir surya, dan akhirnya aku menyesal.
Dan sekarang saat sudah menjadi anak kuliahan, yang pastinya jarak dari rumahku ke kampus lebih jauh daripada dulu waktu ke sekolah, nah pasti kena matahari ga mungkin ga, jadi aku selalu pakai jaket kedodoran (agar bisa melindungi seluruh badan sampai tangan-tangan, pakai masker, kaos kaki, sneakers. Tujuannya ya itu agar ga belang lagi. Menjalankan rutinitas seperti itu bisa dibilang jenuh banget karena pertama ribet, harus bawa jaketnya kemana-mana, terus ga bisa tampil cantik dengan flat shoes karena aku menggunakan sneakers agar kakiku ga belang.

Nah pertama kamu lihat video ini dulu ya ^^


This is my very first video ^^


Foto yang kubuat *dengan bantuan my BF :P* dengan konsep Marina UV White Extra SPF 15. Ada yoghurt disebelahnya lho. (sewa studio booo x_x)

Tapi aku ga takut lagi karena Marina UV White Extra SPF 15 ini. Aku sukanya karena ga ribet, praktis banget karena ini lotion tapi mengandung SPF 15. Terus kandungan yoghurt di dalamnya itu bakal mencerahkan kulit menjadi putih merata (aku suka ini karena ada kulitku yang belang tadi)


bagian belakang kemasan Marina UV White Extra SPF 15


aku genggam di tangan, yang ditanganku ini yang ukuran 200 ml
Marina UV White Extra SPF 15 ini terdiri dari 2 ukuran, 100 ml dan 200 ml


tutup botolnya, mudah untuk dibuka


teksturnya tidak terlalu pekat


dioles di tangan


tadaaaa! menyerap dengan cepat di kulit dan TIDAK lengket 

Menurutku mengenai body lotion satu ini, jangan pernah underestimated dengan suatu produk kalau kamu belum mencoba dan merasakan sendiri produk tersebut. Karena aku ga suka hand & body lotion yang lengket, pas kena air lengketnya tambah parah, terus aku takut Marina UV White ini lengket di kulit. Tapi ternyata TIDAK! Marina UV White Extra SPF 15 hand & body lotion ini ga lengket sama sekali lho, dengan harganya yang affordable banget ga sampai 10.000 rupiah. Terus mudah kok dicarinya di minimarket pun ada. Wanginya cukup enak menurutku walaupun wangi yoghurtnya kurang ngena *idung udah rada kebal kali ya sama bau yoghurt?*

Overall, aku sukaaaa sama Marina UV White Extra SPF 15, mengingat fungsinya yang superrrr banyak dengan harga affordable banget terus ga lengket. Patut dicoba lho ladies.
Dan sekarang aku ga perlu takut dengan dengan matahari bisa pakai flatshoes, ga usah pakai jaket. Jadi bisa tampil lebih normal di kampus terus bisa jalan-jalan ke taman, pantai tanpa perlu takut dengan sinar matahari, seperti videoku di atas aku ga takut di taman rekam video siang-siang bolong gitu pakai kaos & celana pendek karena aku sudah menggunakan Marina UV White Extra SPF 15 dari rumah ^^
O iya Marina ga hanya punya UV White series aja kok, masih banyak produk Marina lainnya yang bisa kamu lihat di websitenya : Sahabat Marina
FB Page untuk tips-tips cantik dari Marina : Sahabat Marina dan follow twitternya : @SahabatMarina



*Tulisan ini kubuat dalam rangka Marina Beauty Blog Competition*
wish me luck ^^

You Might Also Like

7 comments

  1. Di dalam ruangan juga wajib pake Marina dong, Say? UVA kan bisa menembus kaca ^^. Mampir ke blog saya juga ya http://tymeconue.blogspot.com/2013/05/manfaat-sumber-dan-pentingnya-spf15.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Everytime dong say ^^ kan marina ini hand & body lotion, kita harus menggunakan body lotion sehabis mandi ^^
      jadi mau di dalam ruangan, atau kalau kamu mau beraktivitas di luar ruangan, kamu tetap perlu menggunakan body lotion
      apalagi kalau kamu punya kulit yang kering, hehe
      biar ternutrisi kulitnya jadi awet muda lolol
      thanks for visit ya,hehe

      Delete
  2. Iya nih, aku juga uda buktiin, pake Marina kulit jadi ga kering lagi :)



    Kunjungan balik ya..
    noniq.blogspot.com/2013/05/marina-uv-white-extra-spf-15-paling.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for visit dear ^^
      hehehhe
      iya aku ga nyangka juga ga lengket marina dana tahan lama ^^

      Delete
  3. nice artikel cantik.
    oiya kunjungin blog aku juga yah di :
    http://ellarachmawati.blogspot.com/2013/05/pentingnya-spf15-untuk-perlindungan_27.html

    salam cantik ,dan salam sesama peserta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for visit dear ^^
      hehehe
      I'll visit :)

      Delete


  4. Artikel yang bagus gan, produk yang sangat bagus yach untuk rekomendasi...
    Harga Sunblock bisa dijangkau dan menghilangkan jerawat dengan pure skin oriflame yang diproduksi dengan standar yang bagus oleh perusahaan oriflame....
    Selain produk tersebut Oriflame juga memproduksi Lipstik Matte yang sangat bagus untuk digunakan mempercantik penampilan sahabat lho...
    Terima Kasih atas artikelnya.....

    ReplyDelete